" (PS) Selamat Menunaikan Ibadah Puasa (PS)tetap berhati-hati selama perjalan Mudik(PS) New article about Ponot Waterfall 25o Meters(PS) Permata Sumut Menerima Informasi tempat unik menarik, Potensi Daerah Meliputi, PERTANIAN, PENDIDIKAN, BUDAYA hub kami di 081346364081(PS) "
Berita Terkini :

The Beauty of North Sumatera

Loading...

Blogger news

Home » » Sensasi Air Terjun Ponot ( Ponot Waterfall Sensation)

Sensasi Air Terjun Ponot ( Ponot Waterfall Sensation)

Selasa, 07 Agustus 2012 19.22


Air Terjun Ponot "Ponot Waterfall"







Ponot Waterfall













Oleh Fadhlan
Kabupaten Asahan memiliki obyek wisata alami nan indah, yakni sebuah air terjun eksotik yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Air terjun Ponot, demikian masyarakat setempat menyebutnya. Air terjun Ponot memiliki ketinggian 250 meter dengan air yang jernih dan berada di tebing yang terjal dengan tiga tingkatan. Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan.

Untuk mencapai lokasi tujuan, bisa ditempuh dari tiga kota di Sumatera Utara, yang pertama bisa ditempuh dari kota Porsea di kabupaten Tobasa, yang kedua dari kota Pematang Siantar di kabupaten Simalungun, dan yang terakhir dari kota Kisaran di Kabupaten Asahan. Pada perjalanan kali ini kami menggunakan rute ketiga yaitu 'start' dari kota Kisaran karena kebanyakan dari kami bertempat tinggal di Kota Kisaran.



Akses jalan menuju air terjun tidak terlalu sulit, namun kondisi jalan yang tidak ‘mulus’ membuat air terjun ini jarang dikunjungi para wisatawan. Hanya Jalan Lintas Sumatera dan beberapa titik saja yang telah diaspal beton, selainnya hanya pengerasan seadanya.


Sebagian besar perjalanan, anda akan melihat perkebunan kelapa sawit. Namun, setelah melewati Desa Marjanji Aceh, anda akan disuguhkan pemandangan aliran Sungai Asahan dengan arus yang deras dan air jernih menghijau. Tidak hanya itu, bukit-bukit dengan tanaman yang masih asri juga dapat anda nikmati sepanjang perjalanan.
Jembatan Bedeng untuk menikmati Sungai Asahan
Bedeng Bridge/



Arus Sungai Asahan
Kalau anda tidak ingin terlalu jauh ke Air Terjun Ponot, anda juga dapat menikmati sensasi sejuknya air sungai Asahan di Bedeng. Namun harus berhati-hati, karena arusnya yang deras dan cukup dalam. Di tempat ini juga terdapat jembatan gantung yang unik. Anda dapat menyebrangi sungai Asahan dan menikmati derasnya arus dan airnya yang menghijau dari atas jembatan gantung ini. Selain Bedeng ini, kita juga akan menemukan tempat wisata alam lain disepanjang perjalanan ke Ponot, seperti Air Terjun Simanik Manik.
 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3-4 (±100 km) dari Kisaran, akhirnya penulis beserta rombongan mencapai lokasi Air terjun Ponot dengan menggunakan sepeda motor. Dari kejauhan Air terjun Ponot hanya tampak seperti air terjun biasa dan tidak ada keistimewaannya. Tapi, setelah didekati dengan berjalan kaki dari lokasi parkir, Air terjun Ponot langsung memancarkan keindahaanya. Anda harus membayar Rp.5000 untuk biaya retribusi untuk satu sepeda motor.


Untuk mencapai lokasi aliran airnya dan jatuhnya air terjun, anda harus sedikit berjuang. Anda harus mendaki bebatuan besar dan cadas serta licin. Setelah sampai diatas anda akan merasakan sensasi seperti berada dalam hujan gerimis, karena debit air yang jatuh sangat deras dan bias dari jatuhnya air yang terjun bebas dari atas tebing. 


Bebatuan alam yang berukuran sangat besar yang terdapat di bawah curahan air terjun, menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot. 

Air Terjun Ponot terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, sudah tentu air pada Air terjun Ponot bersuhu rendah. Namun tidak mengurungkan niat kami untuk menikmati kesejukan air terjun tersebut, juga sebagai obat dari rasa lelah dalam perjalanan menuju air terjun ini.
(fadlan, dari berbagai sumber)
Follow : @Zarfadlan
YOU MIGHT ALSO LIKE

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantaf Uy
by. NOIR

Poskan Komentar

silahkan mengisi komentar di sini

 

© Copyright Permata Sumut - Jewel of North Sumatera 2010 -2012 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Edit by Jasa Pembuatan Blog.